Ungkap Masalah Besar Usai Vaksin Corona Ditemukan

Pendiri Microsoft, Bill Gates meyakini vaksin virus corona Covid-19 akan ditemukan pada 2021. Namun ia mempertanyakan soal distribusi vaksin tersebut kepada negara miskin.

Hal ini diungkapkan Bill Gates dalam sebuah konferensi pers. Ia menyebut "pertanyaan besar berikutnya" dari Bill and Melinda Gates Foundation adalah bagaimana membuat dan mendistribusikan vaksin kepada mereka yang membutuhkan.

"Seharusnya tidak hanya negara kaya yang memenangkan perang pengadaan vaksin," ujar Bill Gates seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (15/9/2020). "Salah mengalokasikan vaksin akan membuat penambahan kematian yang dramatis."

Negara kaya seperti Amerika Serikat (AS), Jepang dan Inggris telah memesan 2 miliar dosis vaksin Covid-19, yang membuat persediaan vaksin terbatas di tahun mendatang. Beberapa upaya internasional sedang dijalankan untuk memastikan negara-negara miskin memiliki akses ke vaksin.

Dalam laporan terbaru Bill and Melinda Gates Foundation bertajuk "The Goalkeepers Report" menyatakan tanpa vaksin, virus corona dapat menciptakan lebih banyak kerugian pada populasi yang rentan. Salah satunya meningkatkan kemiskinan di banyak negara.

Laporan tersebut juga mengutip pemodelan dari Northeastern University yang memprediksi dua kali lebih banyak orang yang bisa meninggal akibat virus corona Covid-19 jika negara-negara kaya menimbun 2 miliar dosis vaksin pertama daripada mendistribusikannya secara adil.

Laporan tersebut juga menemukan bahwa pandemi berdampak tidak proporsional pada perempuan, kelompok minoritas ras dan etnis, serta orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrim.

"Pandemi, di hampir setiap dimensi, memperburuk ketimpangan. Negara-negara miskin menderita jauh lebih banyak daripada negara-negara kaya karena kekurangan sumber daya fiskal," ujar Bill Gates menjelang rilis laporan tersebut.

Dia menambahkan bahwa banyak pekerja di negara berkembang tidak dapat dengan mudah bekerja dari rumah dan umumnya dibayar lebih rendah.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar