Empat Bupati Pulau Madura Sepakat Untuk Membentuk Provinsi Sendiri

Madura City - Empat bupati yang ada Pulau Madura sepakat untuk membentuk provinsi sendiri terpisah dari Jawa Timur. Di Madura saat ini ada empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Empat bupati di wilayah tersebut menggelar pertemuan di Peringgitan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Senin (3/10). Setelah pertemuan, Bupati Sumenep Busro Karim mengatakan, kesepakatan tersebut baru sebatas secara prinsip.

"Pada prinsipnya kami setuju dengan pembentukan Provinsi Madura ini," kata Busro seperti diberitakan Antara. 

Selanjutnya, secara teknis, pemekaran daerah ini akan diserahkan pada Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (PNP3M).

Dari empat bupati yang ada, hanya dua yang hadir dalam pertemuan ini yakni Busro dan Bupati Pamekasan Achmad Syafii. Sementara Bupati Bangkalan dan Bupati Sampang diwakilkan.

Bupati Bangkalan diwakili oleh Wakil Bupati Mondir Rofii, sedangkan Bupati Sampang oleh Asistem III Rohim Mawardi.

Perwakilan anggota DPRD dari empat kabupaten di Pulau Garam itu juga hadir dalam pertemuan untuk menyamakan pandangan tentang pembentukan provinsi baru itu.

Ketua PNP3M Ahmad Zaini mengatakan, disepakati gagasan Provinsi Madura oleh empat bupati hari ini jadi hari bersejarah.

Zaini yakin kesepakatan ini bisa memuluskan upaya Madura menjadi provinsi sendiri, terpisah dari Jawa Timur

"Ini modal awal yang sangat bagus. Sebab selama ini para bupati di Madura ini kan belum satu suara. Sekarang sudah satu suara, yakni sepakat membentuk Provinsi Madura," kata Zaini menjelaskan.

Gagasan membentuk Provinsi Madura telah dideklarasikan oleh sebagian masyarakat Madura pada November 2015 di Kabupaten Bangkalan.

Namun, saat itu perwakilan massa dan tokoh ulama yang hadir hanya berasal dari Kabupaten Bangkalan saja. Sementara tiga kabupaten lain belum dilibatkan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar