-->

Punya Ciri Sendiri : Madura Layak Jadi Provinsi Sendiri

MADURACITY - Secara geografis antara Pulau Madura dan Pulau Jawa dipisahkan oleh Selat Madura. Namun pada 2009 Jembatan Suramadu diresmikan sebagai penghubung dua pulau tersebut.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo mengatakan, Pulau Madura memang memiliki ciri khas tersendiri.

"Madura punya wilayah tertentu yang terpisah, memiliki sumber daya alam, memiliki kebudayaan khas. Kalau boleh bilang yang ekstrim bisa menjadi negara. Tapi itu tidak mungkin karena sudah masuk sebagai wilayah NKRI," kata Suko di Surabaya, Selasa (17/11/2015).

Suko menyebut, dengan entitas wilayah seperti itu maka Madura layak menjadi daerah otonom atau seperti yang tengah digulirkan menjadi provinsi yang terpisah dari Jawa Timur.

Nah, yang menjadi kendala adalah jumlah kabupaten di Pulau Madura tidak memenuhi syarat untuk menjadi sebuah provinsi. Saat ini Pulau Madura hanya terdapat empat kabupaten yakni, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep dan Sampang.

"Masih kurang satu. Harus ada pemekaran wilayah lagi. Kemarin saya dengar Kamal akan dimekarkan menjadi Kota. Catatannya adalah jumlah penduduknya harus memenuhi syarat menjadi sebuah Pemerintahan Kota," jelasnya.

Meski demikian, Suko mengaku keputusan untuk menyetujui wacana pembentukan provinsi Madura tergantung dari Pemerintah Pusat. Tentunya sebelum memutuskan, pemerintah memiliki beragam pertimbangan dan kajian. 

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

  1. Spesialis Tekno
    Lanjutkan
  2. Junior 18
    Maju madura ku
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>